Friday, December 14, 2012

BUNGA INDAH YANG SANGAT BERBAHAYA


Papaver somniferum L. atau dikenal dengan nama 'opium' merupakan tanaman liar musiman yang bisa tumbuh mengelompok di pegunungan kawasan subtropis. Tinggi tanaman sekitar satu meter dengan daun berbentuk jorong dan bergerigi. Bunga opium bertangkai panjang yang keluar dari ujung ranting dengan satu tangkai hanya terdiri dari satu bunga. Keragaman warna kuntum bunganya    menarik seperti putih, ungu, biru, kuning serta merah cerah. Bunga opium sangat indah hingga beberapa spesies Papaver dijadikan tanaman hias.
Saat bunga opium sudah menjadi buah yang sudah masak  buah opium bisa mulai dipanen dengan cara memotong tangkai buahnya. Buah opium yang sudah masak didalamnya terdapat butiran-butiran benih kering sebesar kapsul. Benih buah opium kemudian dipasarkan di dunia kuliner yang digunakan untuk membuat 'snack bagels'.  

Pemanenan buah opium juga bisa dengan mengambil getah buahnya. Pengambilan getah dilakukan saat bunga opium sudah menjadi buah yang masak dan dipanen dengan cara menyayat buahnya hingga mengeluarkan getah putih yang lengket. Getah putih yang sudah kering diambil dan dipasarkan sebagai opium mentah untuk dijadikan bahan narkotik. 

Kedua hasil panen dari buah opium sangat berbahaya, baik dengan cara mengambil isi buah untuk digunakan sebagai bahan di dunia kuliner maupun dipanen dengan mengambil getah untuk dijadikan narkotik. Apabila dikonsumsi maka kedua hasil panen dari buah opium tetap dapat menimbulkan efek narkotika (kecanduan) dan memicu reaksi positif pada tes urine untuk narkoba.

sumber: (wikipedia, dll)

No comments:

Post a Comment