Monday, May 27, 2013

MENGENAL BUAH MATOA

 
Apa kamu tahu buah matoa?

Mungkin tidak semua orang mengenal buah matoa. Buah yang mempunyai nama latin Pometia pinnata ini merupakan tanaman buah khas Papua. Tanaman buah matoa tergolong pohon besar dengan tinggi rata-rata 18 meter dengan diameter rata-rata 100 cm. Selain tergolong pohon besar ternyata pohon matoa tahan terhadap serangga yang merusak. Tanaman ini umumnya berbuah sekali dalam setahun, mempunyai daun yang lebar memanjang dan kaku. Bunga matoa berwarna kuning, berukuran kecil dan bergerombol panjang. Jika berbuah maka buahnya akan bergerombol sama seperti saat berbunga.

Penyebaran buah matoa hampir terdapat di seluruh wilayah dataran rendah hingga ketinggian ± 1200 m dpl. Tumbuh baik pada daerah yang kondisi tanahnya kering (tidak tergenang) dengan lapisan tanah yang tebal. Buah ini sekilas terlihat seperti buah kedondong tetapi cangkangnya tidak terlalu keras dan terdapat selaput tipis pembungkus buah. Buah matoa mempunyai rasa yang sangat manis dan aromanya enak. Buah ini mempunyai kandungan vitamin C dan vitamin E yang baik bagi tubuh. Kandungan vitamin C dalam buah matoa bermanfaat sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan vitamin E pada buah matoa dapat membantu meringankan stress, memberikan nutrisi pada kulit, serta meminimalkan resiko terserang penyakit kanker dan penyakit jantung koroner.  

Terdapat dua jenis matoa, yaitu Matoa Kelapa dan Matoa Papeda. Matoa Kelapa dicirikan oleh warna buah lebih terang (hijau muda) dengan daging buah yang kenyal seperti rambutan aceh, sedangkan Matoa Papeda dicirikan oleh warna buah lebih gelap (hijau tua hingga merah) dengan daging buahnya yang agak lembek dan lengket.

Berbicara tentang buah matoa, kebetulan saya punya beberapa pohon matoa dan tahun kemarin (2012) baru saja panen. Awalnya tidak tahu jenis matoa yang ditanam, tetapi setelah memanen buah matoa dan telah melalui beberapa tahap pemanenan, meliputi: pengamatan fisik buah (sudah matang apa belum), ketelitian memanen (tanpa menyisakan satu buah pun dipohon maupun dilokasi pemanenan), dan melakukan tes kualitas buah (mencicipi keseluruhan hasil panen tanpa sisa). Setelah melewati dan menyelesaikan seluruh tahap maka diperoleh kesimpulan bahwa matoa yang ditanam ternyata ada dua jenis (matoa kelapa dan matoa papeda). Kedua jenis matoa yang dipanen mempunyai rasa manis juga enak, tapi menurut saya buah matoa jenis kelapa-lah yang mempunyai rasa MUAK NYUUZZZ!!!!

Berikut beberapa foto di TKP (Tempat Kejadian Pemanenan)...Silahkan...

( Buah Matoa Jenis Kelapa)

 

( Buah Matoa Jenis Papeda)

( Ukuran kedua jenis buah matoa )

( Hijau terang: Matoa kelapa )

 ( Merah tua: Matoa papeda )

( Inilah Matoa kelapa yang MUAK NYUUZZ!!! )

No comments:

Post a Comment