Monday, October 29, 2012

RESTORASI MEIJI

-->
Awal 1860-an adalah masa ketidakpastian dan kerusuhan politik di Jepang. Akhirnya, pada tahun 1868 kondisi ini menjadi semakin serius hingga Kaisar Mutsuhito mengambil alih kekuasaan dari shogun (penguasa militer) terakhir. Mutsuhito kemudian dikenal sebagai Kaisar Meiji, dan peristiwa pengalihan kekuasaan ini disebut sebagai ‘Restorasi Meiji’.
Dibawah kenadali sang kaisar, Jepang mengembangkan suatu program modernisasi. Pada tahun 1872, sekelompok politikus Jepang ke Eropa dan Amerika Utara untuk belajar lebih banyak tentang dunia perindustrian, pendidikan dan cara hidup bangsa Barat.  Hasilnya, pabrik-pabrik didirikan di Jepang dan negara ini mulai berubah dari negara agraris menjadi negara industri.
Perubahan ini meliputi pembangunan sistem perkeretaapian nasional. Selama periode aturan Meiji, pendidikan diberikan kepada semua masyarakat Jepang. Kaisar Meiji juga memberikan hak kepemilikian tanah kepada para petani dan mengubah angkaran darat dan laut Jepang menjadi kekuatan militer modern.
Sumber: Sejarah dan Peradaban Dunia

No comments:

Post a Comment