Monday, October 29, 2012

SHOGUN

-->
Shogun adalah gelar untuk penguasa sekaligus petarung yang memerintah di Jepang sejak akhir abad ke-12 sampai dengan pertengahan abad ke-19. Istilah shogun berarti jenderal besar dalam bahasa Jepang. Kaisar Jepang pertama kali memberikan gelar ini kepada perwira-perwira pasukan yang dikirim untuk berperang melawan suku-suku di wilayah perbatasan utara di akhir abad ke-8.
Pada tahun 1192, kaisar memberikan gelar shogun kepada pemimpin militer Yoritomo dari keluarga Minamoto. Shogun Yoritomo kemudian mendirikan sebuah shogunat (pemerintah petarung) di Kamakura. Shogunat Kamakura, yang berlangsung hingga 1333 melakukan pembagian wewenang sipil dan militer dengan pihak kekaisaran di Kyoto.
Keluarga Ashikaga mendirikan shogunat di distrik Muromachidi Kyoto pada tahun 1338. Para shogun Ashikaga ternyata lemah dan tidak dapat mempertahankan kendali yang dipercayakan kepada mereka. Periode ini ditandai dengan peperangan dalam kelas sosial para petarung yang disebut golongan samurai. Pada tahun 1603, pemimpin golongan para petarung, Tokugawa Ieyasu berhasil mengalahkan saingan-saingannya dan mengangkat dirinya sendiri sebagai shogun bagi seluruh Jepang.
Sumber: Sejarah dan Peradaban Dunia

No comments:

Post a Comment